Posted by: deny | January 25, 2013

Cara Membersihkan Lensa Kamera


Membersihkan lensa adalah proses yang cukup mudah dan hampir bebas risiko, selama Anda menggunakan alat yang tepat untuk pekerjaan itu. Jika Anda tidak sabar dan ingin melihat video proses pembersihan lensa, silahkan langsung Scroll ke bawah tepat di akhir artikel ini. Tetapi ada baiknya anda membaca hal-hal yang berkaitan dengan Cara Membersihkan Lensa Kamera dibawah ini.

Mengapa lensa kamera harus bersih..?
Jawabannya sudah jelas “karena itu kotor”, menjaga lensa kamera Anda tetap bersih akan memastikan bahwa Anda akan mendapatkan hasil terbaik dan kualitas tertinggi dari kamera Anda. Alasan lain penting untuk membersihkan lensa kamera Anda adalah menjaga gambar Anda bebas dari partikel yang mungkin muncul dalam menyoroti latar belakang dan bagian lain dari gambar.

Bahaya Lensa yang tidak benar Dibersihkan
Kebanyakan orang berakhir dengan peralatan yang tidak baik karena cara kreatif mereka untuk membersihkannya. Ingat, lensa kamera ini sangat mirip dengan lensa kaca di kacamata, yang berarti bahwa mereka dapat dengan mudah tergores. Lensa umumnya terbuat dari kaca optik, tetapi jika Anda mencoba untuk membersihkannya dengan kain yang mungkin memiliki partikel pasir di atasnya, Anda pasti akan menggores permukaan optik tersebut.Jika Anda menggunakan salah jenis cairan kimia pada lensa, Anda dapat merusak lapisan lensa. Jika Anda menempatkan terlalu banyak cairan pada lensa, beberapa mungkin masuk ke dalam lensa dan memberikan segala macam masalah setelah itu. Jika Anda memutuskan untuk membersihkan lensa Anda sendiri, sangat penting bahwa Anda memilih alat yang tepat untuk pekerjaan itu dan menggunakannya dengan benar.
Alat untuk membersihkan lensa
Ada banyak alat yang berbeda tersedia di pasar saat ini untuk merawat lensa Anda, Berikut adalah daftar alat yang direkomendasikan oleh sebagian besar fotografer handal untuk membersihkan lensa:
Zeiss Liquid Lens Cleaner atau Eclipse Optic Lens Cleaning Solution  adalah cairan yang bisa digunakan untuk membersihkan lensa.
Visible Dust Magic Cleaner adalah bagian besar dari kain microfiber untuk membersihkan lensa.
Tiffen Lens Cleaning Paper untuk membersihkan elemen lensa optik.
Giotto’s Rocket Blower untuk meniup debu yang terdapat pada lensa.
Giotto’s Hair Brush atau sikat lembut yang dapat Anda temukan untuk menghilangkan debu sebelum membersihkan elemen lensa.
Sikat gigi keras atau sikat keras lainnya untuk membersihkan karet fokus / zoom cincin.
Ada banyak jenis cairan dan peralatan yang dapat Anda temukan secara online atau di toko kamera lokal yang juga bekerja sangat baik.
Proses membersihkan lensa dibagi menjadi dua bagian:
Membersihkan bagian luar lensa, termasuk kap lensa – pertama kali memulai dengan menggunakan kain microfiber basah untuk menghilangkan debu atau kotoran dari lensa eksterior dan hood lensa. Menerapkan rumus optik yang sama yang mengandung anti-statis materi pada kain microfiber atau jika lensa terlalu kotor, memulai dengan menggunakan air biasa (air suling akan bekerja lebih baik). Untuk membersihkan zoom karet dan cincin fokus, anda dapat menggunakan sikat gigi biasa, yang bekerja bagus untuk menghilangkan partikel di antara garis-garis karet.
Membersihkan bagian belakang dan elemen optik depan – Kain microfiber yang telah anda gunakan sebelumnya untuk membersihkan lensa bagian luar mungkin tidak aman untuk membersihkan elemen lensa optik, terutama jika Anda menggunakan kembali kain microfiber yang sama yang Anda gunakan untuk membersihkan lensa Anda di bagian luar. Jadi sebaiknya anda menggunakan pembersih lensa jaringan sebagai gantinya.

Berikut Video Cara Membersihkan Lensa Kamera yang di jelaskan oleh Nasim Mansurov seorang fotografer profesional berbasis di Denver, Colorado. Dia adalah penulis dan pendiri The Mansurovs, bersama dengan sejumlah sumber daya online lainnya.


Responses

  1. wah, sama sama followernya blog mansurov ya?
    Salam kenal🙂

    Saya sudah lama ni ngga foto – foto

    • hehehe,🙂
      oke sama-sama gan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: