Posted by: deny | January 25, 2013

10 Cara Cepat Teknik Camera


Artikel ini hanya sebagai catatan saya, karena saya masih dalam tahap belajar di dunia Photography jadi apabila suatu saat nanti saya lupa, saya tinggal membukanya lagi di blog ini. ya langsung aja ke topik utama tentang 10 Cara Cepat Teknik Camera.

1. Pelajari semua fungsi tombol
Pelajari buku manual kamera anda, dan pelajarilah tata letak tombol dan switch serta keguananya, maksud saya anda harus benar benar mengerti fungsinya dan hafal dimana letak nya, saran saya lakukanlah penekanan tombol sampai anda bisa melakukannya dengan mata tertutup semua fungsi tombol tersebut, dan percepatlah dalam meggunakan tombol tombol tersebut

2. Pelajari Lensa Zoom dan focus
Jika Anda memiliki kamera digital SLR , saya menyarankan untuk zooming (close) atau wide-ing focusnya dilakukan secara manual  dan ingat ketika lensa  lebih panjang (zoom/close) memerlukan aperture yang lebih besar untuk menghasilkan gambar yang baik di banding ketika lensa pendek (wide) pelajarialah dan percepatlah prosesnya dalam meng-close atau me-wide untuk membidik suatu object, yang berkaitan langsung dengan focus serta aperture

3. Anda harus cinta pada kamera anda apapun dan bagaimanapun kondisi kamera anda
ini juga penting dalam hal teknik kamera, sekarang bagaimana anda akan menghasilkan gambar yang bagus jika anda tidak suka pada kamera anda pada saat me motret ? padahal gambar yang dihasilkan harus melewati kamera anda, anda harus mengerti betul batasan batasan yang ada pada kamera anda dan belajar bertoleransi dengan itu, seperti jika kamera anda lama hidupnya, membutuhkan konsumsi batrai yang boros, memiliki idle yang lama dalam pemrosesan gambar, atau hal lainya. Teknik kamera ini bersifat psikologis akan tetapi secara teknis memang anda harus mengerti betul kelemahan dan batasan pada kamera anda, agar kesalahan penggunaan dapat di perkecil.

4. Percepat semua proses
Nonaktifkan fungsi setiap otomatis yang tidak anda perlukan. Semakin anda mengerti dan hafal karakteristik kamera, semakin cepat dapat bekerja. Cobalah mengubah fokus otomatis off dan akan takjub melihat betapa responsif kamera anda bekerja.

5. simpan kamera anda untuk mudah digunakan kapan saja
Simpan kamera anda untuk mudah digunakan kapan saja  ide yang baik untuk menjaga kamera siap pada setiap saat di pakai saat bekerja – untuk slar pastikan dimana anda menaruh tutup lensa filter batrai dan memory card. Melindungi lensa bawaan anda denga filter UV (bening) untuk menjaga lensa asli anda dari scrtch. Tekadang untuk jika kita tidak perduli teknik kamera dalam penyimpanannya bisa membuat kita terlambat untuk mengambil obyek pada moment yang berlangsung cepat.

6. Bawa kamera anda kemanapun pada saat bekerja
Belilah tas kamera yang aman simpel serta mudah meng-akses kamera anda , ini membutuhkan tempat penyimpanan yang berbeda ketika anda tidak sedang bekerja, ini sekali lagi untuk menghidari tertinggalnya moment untuk di abadikan

7. Lihat di sana, tidak di sini

Ketika Anda mengemudi, jika Anda hanya menyaksikan langsung jalan di depan mobil anda, saya yakin Anda akan segera menabrak sesuatu. Driver aman membaca jalan sejauh ke depan yang bisa terlihat atau setidaknya mereka menjaga jarak mereka dapat berhenti, nah Anda akan terkejut betapa banyak fotografer tidak terlihat lagi pada saat moment yang tidak terlalu penting, mereka akan pergi ke tempat dimana moment yang penting kemungkinan kan berlangsung, mereka menyadari apa yang terjadi di sekitar mereka, tetapi mereka terus-menerus bertanya kepada diri sendiri ‘Apa yang terjadi disana? Apa yang akan terjadi selanjutnya?. Teknik kamera ini mengajarkan bahwa pikiran Anda harus waspada terhadap semua sekitar Anda. Apa yang Anda lihat sekarang adalah fondasi untuk gambar yang akan datang. Dalam waktu yang diperlukan untuk mencapai sebuah adegan, Anda dapat merencanakan taktik Anda. Tapi jika Anda membiarkan sesuatu berjalan tanpa anda prediksikan maka moment akan mengejutkan Anda, dan ketika itu anda sudah terlambat mengambil gambar.

8. Bayangkan Mata Anda seperti Kamera Anda
Ini bisa terjadi ketika anda  telah menguasai teknik kamera Anda. Bila Anda telah melihat sebuah adegan/ gambar yang potensial – dan itu bisa menjadi pemandangan jalan, binatang di alam liar, atau landscape – Anda tidak pernah tahu berapa banyak waktu yang Anda miliki. untuk mengatur modus pengambilan gambar, atau sensitivitas, atau zoom dengan panjang fokus yang memberi Anda perbesaran yang Anda inginkan. Dan melakukannya dengan mata Anda terus-menerus di tempat kejadian, senantiasa mengevaluasi posisi terbaik – untuk gambar yang Anda inginkan.

9. Bayangkan gambar yang paling menakjubkan yang dapat anda  peroleh
Mempunyai keberanian dan keyakinan  untuk mengambil gambar yang Anda harapkan. Benar-benar membantu untuk membayangkan bahwa gambar yang akan anda buat  akan luar biasa! Biarkan gambar yang menginspirasi Anda untuk mengapung di pikiran Anda jika hal itu membantu. bayangkan itu, menunggu saat itu dan menekan tombol untuk mengabadikannya.
Ini adalah tentang bagaimana meng exploitasi  sebuah kejadian dan membayangkan gambar yang paling menakjubkan  yang bisa anda buat  dalam hati dan pikiran Anda – sebelum Anda mendapatkan posisi. teknik kamera ini akan menghasilkan suatu gambar yang ajaib yang belum terbayangkan oleh fotografer amatir.

10. jangan terburu-buru untuk cukup puas terhadap persiapan anda 
Ini adalah nasihat terakhir dari teknik kamera banyak fotografer menceritakan bagaimana dia dan beberapa teman fotografer bisa salah dalam pengambilan gambar, oleh karena itu. Pastikan baterai Anda diisi sebelum Anda meninggalkan pangkalan. Pastikan Anda memiliki cukup ruang pada kartu memori Anda. Apakah sensor kamera anda bersih? Lensa Anda asli? dan jangan me motret untuk hal yang tidak penting, dan jadikan setiap potret-tan anda penting. Teknik kamera ini dibuat untuk menghentikan kesulitan yang mungkin timbul di masa mendatang. Buatlah daftar jika membantu. ini yang semua profesional harus lakukan untuk tetap dalam bisnis. Gary Knight bercerita tentang lima minggu kebosanan di padang pasir Irak, tanpa pemotretan sedikit pun, sebelum tiba-tiba  moment penting meletus pada mereka, tanpa peringatan – dan, syukurlah dia mendapatkan gambar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: