Posted by: deny | January 14, 2013

Penerus Windows 8 Dirilis Pertengahan 2013


Windows 8 baru saja diluncurkan beberapa bulan lalu pada akhir Oktober, tapi kabar soal generasi berikutnya dari sistem operasi besutan Microsoft itu sudah mulai beredar.

Menurut seorang anggota forum PCBeta yang dikutip oleh Phone Arena, penerus Windows 8 yang dikenal dengan sebutan “Windows Blue” juga memiliki alias lain, yaitu “Windows 9 Dev”.

Windows Blue yang disebut akan menjadi Windows versi murah bakal memiliki tampilan antarmuka yang baru, termasuk perubahan platform dan harga. Microsoft sepertinya ingin agar semua orang dapat memakai Windows Blue dengan membanderol harga yang relatif murah atau bahkan gratis guna meningkatkan jumlah pengguna.

Seperti Windows Phone 8, sistem operasi ini dikatakan bakal memiliki tampilan Live Tiles, aplikasi yang ukurannya bisa diubah-ubah sesuai keinginan pengguna.

Microsoft juga disebut akan tetap mempertahankan lingkungan desktop seperti versi-versi Windows terdahulu, tapi akan ada perubahan tampilan interface agar terlihat lebih “flat” dan selaras dengan konsep visual yang diusung oleh user interface ala Metro.

Di dalamnya, Microsoft bisa jadi akan memakai kernel Windows baru, versi 6.3, yang akan membuat segalanya berjalan lebih mulus. Peningkatan lainnya termasuk dukungan untuk tablet berukuran 7 dan 8 inci, yang hingga saat ini masih belum ada di ekosistem Windows.

Menariknya, karena ingin versi Windows ini dipakai oleh sebanyak mungkin pengguna, Microsoft juga dikabarkan bakal menyalurkan update “Windows Blue” secara gratis sekitar pertengahan 2013 nanti.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: