Posted by: deny | January 14, 2013

CES 2013


Sesaat sebelum ajang Consumer Electronic Show (CES) 2012 dimulai, Microsoft membuat sebuah pengumuman yang mengejutkan banyak pihak. Perusahaan yang berpusat di Redmond ini memutuskan untuk hengkang dari ajang pameran produk konsumer terbesar di dunia tersebut. Ini berarti, CES 2012 merupakan ajang terakhir bagi Microsoft.

Banyak orang yang mulai bertanya, akankah CES di tahun 2013 seramai dan seseru tahun-tahun sebelumnya, mengingat selain Microsoft, terdapat nama-nama besar, seperti Nokia, HP, dan Dell, yang juga menarik diri dari ajang ini.

Ajang CES memang dikenal mampu memberikan keseruan tersendiri. Selalu hadir di awal tahun, ajang ini bisa dijadikan acuan produk apa yang sedang dikembangkan dan akan diluncurkan dalam beberapa tahun mendatang.

Sebagai contoh, di ajang CES 2011, Microsoft memperkenalkan untuk pertama kalinya produk sistem operasi terbaru mereka, Windows 8. Satu tahun sesudahnya, tepatnya pada ajang CES 2012, berbagai produk yang sudah mendukung sistem operasi tersebut sudah mulai bermunculan.

Lantas, dengan hilangnya Microsoft dan beberapa nama besar tersebut, apakah CES akan mulai kehilangan keseruannya? Jawabannya adalah tidak. CES dijamin masih mampu menawarkan berbagai hal baru.

Menurut situs teknologi TechCrunch, di ajang CES 2013 ini para konsumen akan dimanjakan dengan kehadiran berbagai produk SmartWatch dari perusahaan-perusahaan teknologi start-up. SmartWatch adalah produk jam tangan Bluetooth yang bisa terkoneksi dengan berbagai produk smartphone.

Beberapa waktu lalu, tersiar kabar yang menyatakan Apple sedang bekerja sama dengan Intel dalam menghadirkan produk SmartWatch. Sebelum rumor ini berkembang luas, sebenarnya sudah banyak perusahaan start-up asal AS yang sudah mengungkapkan ide produk ini. Namun, dengan terbatasnya dana, ide ini belum bisa terealisasikan.

Untungnya, berkat adanya Kickstarter, sebuah platform pembiayaan untuk proyek kreatif, ide-ide dari perusahaan start-up ini bisa diwujudkan. Hasilnya, beberapa produk ini sudah bisa dilihat di ajang CES 2013 yang akan diadakan di Las Vegas, 8 hingga 11 Januari 2013.

Beberapa produk SmartWatch yang akan hadir di ajang CES 2013 ini adalah Pebble Watch, Cookoo, MetaWatch, beberapa jam dari Casio, dan Sony.

Walaupun ada beberapa nama besar yang meninggalkan event CES 2013 ini, masih ada perusahaan terkenal lainnya, seperti Samsung dan Lenovo, yang masih ada di ajang tersebut.

Banyak yang memprediksi Samsung akan mengenalkan smartphone seri Galaxy S4 di ajang ini. Namun, Samsung sendiri sudah beberapa kali menyanggah rumor tersebut. Walaupun begitu, masih banyak orang yang berharap bisa melihat Galaxy S4 di ajang ini.

Selain itu, Corning juga akan memamerkan Gorilla Glass generasi ketiga di ajang ini. Produk ini diklaim lebih kuat dari sebelumnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: