Posted by: deny | January 14, 2013

Alasan Google Maps mogok di Windows Phone


Para pengguna Windows Phone dilaporkan mendadak tidak bisa mengakses layanan Google Maps melalui browser. Alih-alih berhasil masuk ke laman utama Maps, para pengguna perangkat dengan sistem operasi mobile Microsoft ini malah “terlempar” ke laman utama Google.

Mengenai hal tersebut, Google hari Minggu (6/1/2012) kemarin mengeluarkan tanggapan resmi. Menurut raksasa internet ini, layanan internet Google Maps “tidak berfungsi optimal” dengan browser Internet Explorer (IE) mobile di perangkat Windows Phone.

Google pun memutuskan lebih baik “menendang” para pengguna perangkat itu ke laman Google.com dimana mereka “setidaknya bisa melakukan local search“.

Akan tetapi, sejumlah peningkatan pada IE 10 versi terbaru pada Windows Phone 8 dianggap Google sudah “mencukupi” untuk menjalankan layanan Maps. Perusahaan ini mengatakan sedang berupaya mencabut pengalihan pengguna Windows Phone yang dialihkan ke laman Google.com ketika mencoba mengakses Google Maps.

Alasan Aneh

Beberapa pihak menilai alasan Google soal fungsionalitas Maps di IE terkesan aneh.

Pasalnya, IE 9 di Windows Phone 7 dan 7.5 memang memiliki dukungan HTML5 (yang diperlukan Google Maps untuk berfungsi optimal) yang buruk. Tetapi IE 10 bisa menjalankan Google Maps dengan sempurna dan sudah dirilis sejak berbulan-bulan lalu.

Sementara, sebelum dialihkan oleh Google, pengguna IE di Windows Phone pun sebenarnya bisa mengakses Google Maps dengan baik-baik saja.

Seorang sumber Microsoft yang dikutip oleh The Next Web mengatakan bahwa perbedaan browser mungkin bukanlah alasan sebenarnya dibalik keputusan Google tersebut.

Sebabnya, Internet Explorer 10 di Windows Phone dan komputer desktop berbagi engine renderingyang sama sementara Google hanya memblokir versi mobile dari browser tersebut.

Meski begitu, setidaknya kini para pengguna Windows Phone bisa sedikit lega karena Google sudah memutuskan akan mencabut pengalihan itu. Di Windows Phone, Google Maps hanya bisa diakses lewat browser karena aplikasi native Google Maps sendiri hingga saat ini belum tersedia di platform tersebut.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: