Posted by: deny | January 7, 2013

Microsoft Menghilang, Windows 8 Tetap Datang


Meski Microsoft absen dari pameran elektronik Consumer Electronics Show (CES) tahun ini, tapi keberadaannya masih terasa lantaran banyak produsen komputer yang pamer produk dengan Windows 8.

Microsoft memutuskan tak ikut lagi dalam ajang bergengsi ini, setelah 14 tahun ikut serta. Karena, bulan Januari dianggap tidak sesuai untuk waktu promosi produk Microsoft.

Tahun 2013 ini, CES bisa jadi momen yang tepat untuk promosi Windows 8, mengingat sistem operasi ini baru dirilis 26 Oktober 2012. Terlebih, CES bisa disebut sebagai salah satu pameran produk elektronik untuk konsumen terbesar di dunia, yang digelar setahun sekali di Las Vegas, Amerika Serikat.

Windows 8 seperti ditinggal ibu kandungnya, dan dipromosikan oleh ibu-ibu tiri yang mengadopsinya. Meski Microsoft tak hadir, ajang pameran eletronik tahunan ini akan dipenuhi dengan komputer pribadi, laptop, dan tablet bersistem operasi Windows 8.

Komputer-komputer itu akan berada di stan masing-masing produsen. Samsung, misalnya, akan memperkenalkan dua laptop seri terbaru, yaitu Seri 7 Chronos dan Seri 7 Ultra. Kedua seri ini diklaim memiliki daya hidup baterai hingga 11 jam.

Komputer jinjing kategori baru, yaitu convertible atau ada juga yang menyebutnya hybrid PC, juga akan menyesaki CES 2013. Convertible atau hybrid PC merupakan komputer yang memadukan fungsi tablet yang tipis dan laptop yang memiliki performa tinggi.

Perusahaan elektronik LG asal Korea Selatan, akan memperkenalkan sejumlah komputer Windows 8, termasuk komputer convertible Tab-Book H160 yang mengusung layar 11,6 inci dan keyboard geser.

Komputer Windows 8 dengan navigasi gerak tangan dan perintah suara

Kehadiran Windows 8 pada Oktober 2012 membawa tren baru dalam industri komputer layar sentuh, karena memang sistem operasi ini dimaksimalkan untuk layar sentuh. Tak berhenti sampai di situ. Navigasi komputer Windows 8 akan diperkaya dengan perintah suara dan gerakan tangan.

Menjalin kemitraan dengan Motion Leap, Asus akan memamerkan teknologi navigasi gerak tangan pada laptop Windows 8. Teknologi dari Motion Leap inilah yang memungkinkan laptop Asus mendeteksi gerak tangan. Bukan hanya satu, tapi dua tangan sekaligus, dan 10 jari manusia.

Produsen prosesor Intel kembali memamerkan teknologi perintah suara untuk navigasi komputer. Intel telah menjalin kerjasama dengan Nuance, perusahaan yang memang fokus mengembangkan teknologi perintah suara.

Di masa depan, Anda akan berbicara dengan komputer untuk memerintahkannya membuka aplikasi atau menjalankan fitur tertentu.

Tablet Windows RT

Tablet Windows 8 dan Windows RT akan menjadi sorotan di CES 2013. Samsung telah memiliki tablet Ativ Tab sedangkan Asus memiliki Vivo Tab RT. Keduanya memakai sistem operasi Windows RT, dan tentu saja, mengusung prosesor berarsitektur ARM.

Nah, beberapa produsen komputer dikabarkan sedang menyiapkan tablet Windows RT. Namun, belum diketahui siapa yang akan memperkenalkan produknya di CES 2013.

Microsoft akan melihat bagaimana para produsen menebar pesona produk yang menjalankan sistem operasi Windows 8.

Selama satu dekade terakhir, Microsoft menjadi peserta utama dalam pameran CES. Petinggi Microsoft biasanya menjadi salah seorang pembicara kunci di tengah panggung besar. Para pengunjung setia mendengar apa yang disampaikan.

Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini tak lagi membangun stan berukuran besar atau memberi wejangan di CES 2013. Meski demikian, Microsoft akan tetap datang untuk bertemu dengan para mitra dan distributor di sebuah tempat yang telah disediakan.

Mengikuti jejak Apple dan Google, Microsoft akan menggelar acara mandiri untuk mengumumkan produk terbaru, mengumpulkan para pengembang aplikasi dan mitra dari seluruh dunia.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: