Posted by: deny | January 5, 2013

Ciri-Ciri Dan Cara Menangani akibat kecanduan Handphone


Perkembangan dari handphone telah mengubah dunia kita ke era baru dari suatu teknologi. Dulu, dalam satu waktu, kita masih dapat memberi batas pada penggunaannya. Tetapi sekarang, merupakan hal yang aneh jika seseorang tidak memiliki handphone. Dengan beralihnya teknologi handphone, bermunculanlah perangkat Android dan iPhone, yang biasanya disebut dengan smartphone.

Tak ada yang menyangkal kepopuleran smartphone sangat berkembang pesat, dan kebanyakan dari kita, nyatanya dapat dikatakan tidak dapat hidup dengan benda ini.Kecanduan handphone adalah isu nyata yang berada di depan mata dalam suatu fenomena sosial ini. Seperti kebanyakan kecanduan, orang yang kecanduan tidak benar-benar mengetahui jika mereka sedang mengalami kecanduan dan seberapa besar suatu hal mencanduinya. Apakah Anda tipe orang yang sedang mengalami kecanduan handphone?

Apakah kecanduan handphone itu?

Sebelum kita membahas kecanduan handphone, kita bisa mendefinikasikannya terlebih dahulu. Kecanduan adalah situasi dimana kita diperbudak oleh suatu habitat atau praktek terus-menerus yang berpengaruh pada sifat seseorang. Kata “diperbudak” sendiri adalah kata yang ekstrim jika dimasukkan dalam kalimat tersebut, namun kita mengetahui sangat besarnya pengaruh handphone ini pada orang-orang, yang telah menjadikannya teracuni oleh perkembangan teknologi ini. Untuk kata “habitat” serta “praktek terus-menerus” mungkin Anda sudah menyadarinya. Berapa kali Anda lepas dari handphone? Apakah Anda selalu memeriksa handphone setelah bangun tidur, atau saat akan tidur? Ya, penggunaan handphone telah menjadi habitat Anda.

Sekarang, handphone atau smartphone seakan-akan telah menjadi bagian tubuh kita sehingga kita tidak bisa terlepas darinya. Apakah Anda pernah melihat betapa paniknya seseorang ketika handphone-nya hilang? Dalam kalimat singkat, dikatakan bahwa kecanduan handphone adalah ketika handphone telah menyatu dalam kehidupan Anda, dan Anda tidak mempedulikannya dari sisi kejiwaan.

Memeriksa besaran kecanduan handphone

Setelah Anda mengetahui definisi kecanduan handphone, terkadang realitas dapat menyelamatkan Anda. Ada beberapa orang yang berjuang menghadapi kecanduan tersebut, yang merupakan aspek penting dalam menanggulanginya. Adalah hal yangberbahaya jika Anda tidak mau disebut kecanduan, sebabnya, itu telah menjadi kegiatan rutin Anda. Ada berbagai langkah untuk menanganinya, dimulai dari pertanyaan yang akan memberi gambaran yang jelas apakah Anda tipe orang yang kecanduan handphone.

  • Apakah Anda memeriksa handphone setiap bangun tidur?
  • Apakah Anda memeriksa handphone ketika akan tidur?
  • Apakah Anda sering memeriksa handphone tanpa alasan yang jelas?
  • Apakah Anda memeriksa handphone setiap waktu dimanapun?
  • Apakah Anda memeriksa handphone beberapa lama saat mengirimkan pesan singkat?
  • Apakah Anda menggunakan handphone walaupun sedang ada orang yang berbicara di depan Anda?
  • Apakah saat bepergian, Anda sering mengambil handphone di saku atau tas, dan kemudian mengembalikannya lagi walapun tidak ada notifikasi?

Jika Jawaban Anda kebanyakan Ya, maka Anda telah termasuk dalam jajaran orang yang kecanduan handphone.

Bagaimana menangani kecanduan handphone?

Hal seperti kecanduan ini sebenarnya memiliki solusi yang sederhana, tetapi beberapa orang belum melakukannya. Tentunya, ini dilakukan oleh orang-orang yang memang ingin keluar dari sifat kecanduannya. Jika Anda kecanduan pada handphone atau smartphone, mungkin salah satunya berasal dari diri Anda sendiri. Anda memeriksa handphone tanpa benar-benar mengetahui dengan jelas apa yang akan dilakukan. Satu respon dari Anda, akan menjadikan sedikit perubahan pada diri Anda. Setiap kali Anda memeriksa handphone, bertanyalah pada diri Anda sendiri, mengapa Anda perlu memeriksa hanphone. Setelah Anda mengetahui penyebabnya, maka Anda dapat memperbaiki problem pada diri Anda.

Non-aktifkan pemberitahuan atau notifikasi. Kebanyakan pesan teks atau email tidak perlu diberi perhatian berlebih, kecuali jika Anda menggunakannya untuk bekerja, Anda bisa melewati saran ini. Berlatihlah untuk memeriksa handphone hanya setiap beberapa jam, mengurangi tingkat keseringan Anda. Selain itu, carilah penyebab mengapa handphone Anda mencandui. Apakah hal tersebut berasal dari media sosial? Maka hapuslah aplikasinya. Penyebab-penyebab lain dapat terjadi, dan Anda yang mengetahui hal tersebut.

Jika Anda telah tercandui oleh handphone, belum terlambat untuk segera menanganinya. Kecanduan dapat menjadi berbahaya dan bisa mengesampingkan pekerjaan, hubungan sosial, dan juga kesehatan. Tidak ada salahnya belajar mengurangi kecanduan tersebut mulai sekarang juga


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: